Ayam Bangkok, Ayam Aduan Andalan

Ayam Bangkok merupakan ayam aduan yang sangat popular dikalangan pesabung ayam. Bulunya yang memiliki berbagai macam warna sering menjadi daya tarik tersendiri bagi ayam ini. Syarat utama agar bisa menang saat berlomba adalah ayam Bangkok harus dalam keadaan sehat dengan stamina yang kuat. Ayam Bangkok yang memiliki warna kulit merah dan terang berarti ayam tersebut dalam keadaan sangatlah sehat. Semakin tua usia ayam ini semakin kuat pula otot otot kaki dan tubuhnya.

Kebanyakan pecinta ayam mengoleksi ayam Bangkok dengan berbagai macam warna. Berikut beberapa tipe warna bulu ayam aduan, ayam Bangkok yang sering mengikuti pertarungan:

  1. Wiring

Warna wiring merupakan warna favorit pecinta ayam Bangkok. Tipe warna ini terbagi menjadi dua warna. Yang pertama  yaitu ayam Bangkok dengan warna hitam dengan rawis rawis bulu ekor berwarna kuning kemerah merahan. Kedua yaitu ayam Bangkok dengan warna bulu rawis kuning keemasan yang lebih dominan.

  1. Klawu

Ayam Bangkok dengan bulu yang berwarna dasar abu abu ini dijuluki ayam Bangkok Klawu. Jika ayam tersebut berwarna abu abu kehitaman maka disebut ayam Klawu Kethek, sedangkan yang rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut Klawu Geni.

  1. Bloro

Ayam Bangkok dengan bulu ayam berwarna totol totol ini disebut dijuluki ayam Bangkok Bloro. Ayam ini berbulu dasar putih dengan totol totol hitam di bulunya. Rawusnya berwarna merah.

  1. Wangkas

Wangkas merupakan tipe warna ayam Bangkiok dengan warna kuning kemerahan. Jika warna yang dominan adalah kuning keemasan maka ayam Bangkok ini akan dijuluki Wangkas Emas. Namun jika warna yang lebih dominan adalah gelap kemerah merahan maka ayam Bangkok ini akamn dijuluki ayam Bangkok geni.

 

Bagi anda yang ingin memelihara ayam aduan jenis ayam Bangkok ini ada baiknya jika anda tidak hanya memperhatikan warna bulunya yang indah saja. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan juga agar ayam anda bisa menjuarai pertarungan. Jika anda tidak mengetahui hal berikut ini, anda akan kesulitan memilih mana ayam Bangkok yang berkualitas paling super di antara ayam Bangkok yang lain.

Hal pertama yaitu Jengger ayam, jenggeryang besar akan menyulitkan lawan untuk mematuk ayam Bangkok anda. Tak hanya itu, anda harus memastikan bahwa jengger ayam Bangkok lentur, karena ayam Bangkok dengan jengger yang lentur tak akan mudah terluka atau berdarah saat menerima serangan lawan. Ayam Bangkok dengan jengger blangkon atau jengger di depan mengindikasikan bahwa ayam tersebut sangat pemberani dan bermental kuat sehingga tak akan mudah menyerah saat bertarung. Selain jengger ayam, bentuk ekor ayam juga harus anda perhatikan.

Sebaiknya anda memilih ayam Bangkok yang ekornya  kuncup, karena ayam dengan ekor kuncup ini dapat dipastikan akan lebih gesit gerakannya daripada ayam Bangkok yang ekornya melengkung ke atas. Hal lain yang tak kalah penting yaitu taji ayam. Taji ayam Bangkok merupakan senjata utama yang digunakan saat pertandingan. Sebaiknya anda memilih ayam Bangkok yang tajinya terletak di dekat pangkal tumit ayam. Selanjutnya cucuk ayam. Cucuk ayam yang berbentuk seperti cucuk elang akan membuat ayam Bangkok mampu menghasilkan serangan yang menyakitkan, pasalnya cucuk tersebut tak akan dengan mudah melepaskan gigitan terhadap lawanya. Ayam Bangkok yang njambe dikenal dengan type ayam yang tangkas dan menyerang lawan dari segala arah.