Cara Merawat dan Melatih Ayam Aduan, Ayam Bangkok

Cara memelihara ayam aduan jenis ayam Bangkok tentu berbeda dengan cara merawat jenis ayam lainnya seperti ayam hias, ayam sayur, atau berbagi jenis ayam lainnya. Ayam Bangkok harus dipelihara dengan baik agar memiliki tubuh yang sehat, memiliki stamina yang kuat . Ayam Bangkok asli yang berasal dari Thailand ini memang terbilang mahal harganya. Namun tak semua ayam Bangkok itu bagus untuk bertarung. Untuk itu, jika ayam Bangkok anda sudah menginjak usia 6 bulan hingga 7 bulan, anda harus rutin melatihnya agar ayam Bangkok anda memiliki gaya tarung yang canggih dan tak terkalahkan.

Berikut hal hal yang harus anda perhatikan untuk merawat ayam aduan, ayam Bangkok anda:

  1. Pakan Ayam

Pakan merupakan hal utama yang harus anda perhatikan karena pakan ayam akan berpengaruh besar terhadap energi yang dihasillkan, perilaku, maupun performa ayam saat bertarung. Sebelum member makan, pastikan anda mengetahui berat badan ayam Bangkok anda, karena untuk member makan, anda harus menyesuaikan takarannya dengan berat badan ayam Bangkok tersebut. Misalnya, jika berat badan ayam anda berkisar 2 kilo hingga 3 kilo, maka takaran pakannya adalah 100 hingga 200 gram setiap kali makan. Gunakan jagung sebagai pakan tambahan karena jagung sangat cocok diberikan untuk ayam aduan. Jagung akan melatih cucuk ayam agar lebih kuat. Jadi saat berada diarena pertarungan, cucuk ayam bisa menjadi senjata mematikan. Berikan juga vitamin saat malam hari, karena saat malam hari ayam akan lebih mudah mencerna vitamin tersebut.

  1. Memandikan

Kebersihan ayam juga perlu diperhatikan, untuk itu, agar ayam Bangkok anda terlihat bersih dan menarik, anda perlu memandikan ayam Bangkok anda setiap pagi. Ada baiknya anda memandikan ayam tidak asal asalan. Karena ada cara tersendiri untuk memandikan si ayam. Gunakan air bersih untuk memandikan ayam, jangan pernah menggunakan sabun atau air hangat ya, karena hal tersebut justru akan merusak jaringan pertumbuhan bulu ayam, performa ayam malah akan berkurang saat bertarung. Jam jam yang baik untuk memandikan ayam adalah jam 8 pagi, saat udara tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas.

  1. Menjemur

Setelah dimandikan jangan lupa untuk menjemur ayam. Masukkan ayam ke kurungan yang sudah dialasi kayu agar ayam tidak kotor lagi. Cahaya matahari di pagi hari akan mempercepat pertumbuhan bulu dan juga memperkuat tulang ayam. Namun jangan menjemur ayam terlalu lama. Jika sudah mulai panas segera pindahkan kurungan ayam anda.

Selain merawat, tentunya anda juga harus rutin dan telaten merawat ayam aduan anda, agar ayam anda bisa menjadi juara saat mengikuti pertarungan atau perlombaan. Anda bisa melakukan beberapa latihan untuk ayam anda. Latihan tersebut meliputi latihan gerakan leher, latihan badan, latihan kaki, latihan sayap, hingga latihan lari. Latihan lari merupakan jenis latihan yang paling menguras tenaga si ayam.

Namun latihan ini sangat baik dilakukan karena akan stamina ayam akan menjadi lebih kuat, otot kaki akan menjadi terlatih, nafas si ayam juga akan menjadi lebih panjang. Untuk melakukan latihan lari, anda perlu menyiapkan 2 kurungan yang berbeda ukuran dan menyiapkan 1 ekor ayam Bangkok lain sebagai pemancingnya. Letakkan ayam Bangkok pancingan tersebut ke dalam kurungan kecil.

kemudian satukan kurungan kecil tersebut ke dalam kurungan yang berukuran lebih besar disertai ayam Bangkok yang dilatih agar ayam tersebut tetap bisa diawasi dan tidak kabur berlarian. Ayam Bangkok tersebut akan terus mengelilingi kurungan kecil, mencari cara agar bisa melawan ayam Bangkok pancingan tersebut.