Pakan Ayam Bangkok Terbaik Supaya Siap Bertarung

Sabung Ayam – Menjaga kesehatan dan mempersiapkan fisik ayam bangkok sebelum bertarung tentunya harus benar-benar dilakukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan pakan yang bisa meningkatkan semangat sehingga siap bertarung. Pakan yang baik dan berkualitas tinggi juga penting diberikan pada ayam yang setiap harinya diberikan latihan. Artikel ini akan membahas mengenai pakan ayam bangkok terbaik agar siap bertarung.

Pakan utama untuk seekor ayam bangkok dewasa harus sesuai dengan gaya dan jenis bertarungnya. Jika ayam mempunyai gaya bertarung dengan lebih mendominasi pukulan maka pakan yang cocok untuknya adalah beras merah dan pakan jagung. Jika gaya bertarungnya memiliki tipe jalu maka cocoknya diberikan campuran beras merah dan jagung dengan perbandingan 1:3.

Perbedaan pakan tersebut berdasarkan kepada kadar kebutuhan protein dan karbohidratnya. Ayam jenis pukul memiliki kebutuhan yang lebih besar. Sedangkan ayam bangkok dengan gaya bertarung tipe jalu lebih butuh asupan karbohidrat sedangkan protein dan lemaknya butuh sedikit saja. Ini karena di lapangan mereka perlu kelincahan dan karbohidratnya akan berguna untuk membuat tenaga mereka seimbang.

Pakan ini lebih baik diberikan sesudah selesai latihan dan senam pada pagi dan sore hari. Jumlah pakan harus sesuai, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Misalnya jika berat badan ayam bangkok Anda 4 kg maka makanan per harinya diberikan 250 gram sekali makannya.

Pakan ayam bangkok terbaik  yang bisa diberikan selain pakan utama adalah pakan-pakan tambahan dengan beberapa jenis tanaman. Pakan tambahan ini bisa diberikan jika pakan utamanya masih kurang memberikan mereka nutrisi. Bisa diberikan juga jika staminanya kurang. Beberapa pakan tambahan atau pelengkapnya ada banyak, antara lain sebagai berikut.

  • Setiap harinya Anda bisa memberikan sebutir telur puyuh yang direbus apaila ayam Anda kekurangan protein. Namun jika ayam bangkoknya mempunyai tipe taji dalam bertarung maka berikan 3 hari sekali saja.
  • Berikan gula merah agar asupan karbohidratnya bisa bertambah.
  • Untuk melancarkan pencernaannya Anda bisa memberikan tomat atau kunyit. Potong dulu sehingga berbentuk kecil lalu dilolohkan pada ayam Anda.
  • Sebelum dan sesudah bertarung berikan satu butir kalk supaya tulangnya semakin kuat.
  • Berikan pil minyak ikan agar bulu ayamnya bisa lebih cepat tumbuh. Berikan ini 7 hari sekali apalagi jika ayam Anda sedang ada dalam keadaan yang mabung.

Selain pakan-pakan tambahan tersebut ada baiknya juga berikan dia vitamin. Tujuannya supaya lebih bugar dan tubuhnya kebal. Berikan vitaminnya sebelum tidur malam sehingga bisa menyerap sempurna di dalam tubuhnya. Vitamin yang diberikan bisa berupa vitamin A, vitamin B compleks, vitamin D, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain ini bisa berikan vitamin lainnya.

Demikianlah informasi mengenai apa saja pakan ayam bangkok terbaik yang bisa Anda berikan agar stamina ayam bangkok Anda selalu terjaga. Pakan ini harus semakin sering diberikan ketika akan bertarung supaya bisa membuat tenaganya besar dan tidak mudah menyerah meski sudah diberikan pukulan mematikan dari lawannya.